bahan kue

jual vanilla bean

Vanilla Bean, Vanilla Pod, Vanila, Vanili ataupun Panili demikian banyak orang mengenalnya, walaupun di Indonesia adalah masih banyak yang belum mengetahui seperti apa sih buah vanila yang asli atau alami itu sebenarnya? Penggunaan produk imitasi vanila baik berupa essence ataupun ekstrak untuk menciptakan aroma wangi vanili baik itu pada bahan makanan, masakan ataupun minuman ialah lebih banyak dikenal di tanah air saat ini dibandingkan buah vanila yang asli, alami atau sebenarnya.

Lalu seperti apa sih buah vanila yang asli, alami atau vanili sebenarnya itu? Buah vanila yang asli atau sebenarnya adalah berbentuk batangan berwarna cokelat kehitaman, adalah suku Aztec dari pedalaman hutan Meksiko yang awal pertamakalinya memanfaatkan buah ini yang tergolong didapat dari jenis tanaman rempah sebagai aroma pewangi pada minuman cokelat, sampai pada akhirnya manfaat buah ini diketahui juga oleh bangsa Eropa dan mengembangkan tanaman vanilla untuk dibudidayakan di luar pedalaman hutan Meksiko termasuk di Indonesia. Adalah bangsa Belanda yang membawa tanaman ini pertamakalinya ditanam di Indonesia di mana hingga sampai saat ini pun Indonesia masih dikenal sebagai eksportir buah vanila ke pasar dunia.

Bagi para baking lover ataupun pecinta bakul kue tentunya sudah tidak asing lagi dengan resep kue seperti vanilla bean cupcakes, vanilla bean panna cotta atau puding vanilla termasuk kelezatan kue soes dengan vla vanilla, berbeda dengan di Indonesia, keseluruhan resep kue di atas khususnya di Eropa kebanyakan adalah menggunakan vanili asli pada resepnya, cukup 1 atau 2 batang vanilla bean disayat melintang kemudian dikeluarkan isi bagian dalamnya yang berupa biji kehitaman untuk dicampurkan ke dalam adonan.

Video cara mengkonsumsi vanilla beans batangan,  Lihat Video Disini:

http://www.youtube.com/watch?v=bHKbvbXDJx8

Memang sih pada akhirnya akan menimbulkan titik kehitaman pada resep kue yang Kita buat setelah mencampurkan biji vanilla alami pada adonan sebagai pewangi, namun bagi para baking lover di Eropa di mana titik kehitaman atau yang biasa disebut vanilla garnish itu menandakan bila bahan kue yang dipergunakan adalah alami dalam arti tidak mempergunakan produk aroma imitasi. Di luar negeri, produk vanilla alami termasuk tergolong produk eksklusif yang dibutuhkan sebagai bahan baku gourmet food.

Terlebih vanilla bean termasuk bahan kue sehat, hasil penelitian beberapa ilmuwan menyatakan bila dalam buah vanilla terkandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Termasuk mnghirup aroma vanilla asli ataupun mengkonsumsi produk makanan dan minuman berbahan vanilla alami dari hasil penelitian seorang ahli diet pada sebuah rumah sakit berlokasi di London Inggris adalah bisa mencegah obesitas.

Tidak hanya dapat dimanfaatkan biji bagian dalamnya dengan mencampurkannnya pada adonan, kulit batang vanilla bean yang direbus kemudian dicampur dengan gula pada rebusannya juga dapat menghasilkan aroma vanilla berupa sirup cair. Heeeeem, bahan alami alternatif tentunya bagi para pelaku baking yang rindu akan produk vanilla cair yang terjamin kehalalannya, ini dikarenakan dalam proses pembuatan vanilla ekstrak sebagai suatu produk yang selama ini banyak beredar di pasaran adalah kebanyakan masih menggunakan alkohol sebagai bahan pencampurnya, tidak heran juga jika aroma wangi produk vanilla ekstrak, vanili imititasi ataupun essence menjadi lebih wangi dibandingkan vanilla yang asli atau alami.

Apakah vanilla bean hanya untuk bahan baku kue saja? Tidak juga, di luar negeri, buah vanila atau panili dimanfaatkan juga pada banyak resep minuman seperti vanilla bean cocktail, vanilla bean yogurt hingga nikmatnya rasa es krim vanila/ vanilla bean ice cream. Termasuk kulit batang vanilla yang dijadikan bubuk konon dapat juga mengusir semut yang ada di ruangan dapur Kita.

Resep Es Krim Vanilla Beans Natural, Lihat Video Disini:

http://www.youtube.com/watch?v=LDmX9i5rYu4

Resep Vanilla Beans Cupcake, Lihat Video Disini:

http://www.youtube.com/watch?v=jWieSGHjXCA

Mengapa produk vanilla bean atau vanili alami mahal harganya? Adalah tidak mudah ternyata untuk memproduksi satu batang vanilla bean yang siap untuk digunakan pada dapur Kita, seorang petani vanilla perlu waktu 9 bulan untuk bisa memanen buah vanili yang masih berwarna hijau dari tanamannya, setelah itu buah pun masih harus dikeringkan selama 3 bulan hingga buah akan berwarna cokelat kehitaman, elastis, berminyak dan mengeluarkan aroma vanili, wow, perlu waktu hampir lebih dari 1 tahun untuk memproduksi satu batang vanilla bean! Kondisi inilah yang menjadikan jumlah petani vanili di Indonesia semakin lama semakin berkurang dikarenakan tidak semua petani sanggup menunggu hampir 1 tahun lebih lamanya, kebanyakan petani vanili di Indonesia sudah mengganti tanamannya menjadi tanaman lain dengan masa panen yang lebih singkat. Terlebih tanaman vanilla baru akan menghasilkan buah setelah 3 tahun ditanam!

Lalu menyimpan produk vanilla bean itu sendiri apakah mudah karena mungkin tidak setiap hari para bakul kue memanfaatkannya? Termasuk penggunaan vanilla bean pada satu resep kue dan makanan pun tidaklah banyak dalam arti hanya 1 atau 2 batang saja! Terkecuali mungkin para pelaku bisnis restoran asing, hotel dan pengusaha es krim.

Tips pertama adalah belilah produk vanilla bean cukup dalam kemasan per satuan ataupun kecil saja, dari sisi harga memang akan relatif lebih mahal namun dari sisi penggunaannya adalah sesuai kebutuhan. Di Supermarket dapat ditemukan vanilla bean yang dijual dalam kemasan glass tube ataupun tabung per satuan, termasuk di toko ini dijual produk vanilla bean secara online dalam kemasan 50 gram yang berisikan antara 15 hingga 20 batang vanilla bean berukuran 14 hingga 18cm. Produk dikirimkan dengan layanan JNE.

VANILLA-BEAN

Tips kedua ialah simpan kemasan vanilla bean yang masih ada isinya pada suatu tempat yang terlindungi dari terik sinar matahari langsung dan tidak berada dalam kondisi lembap, tempat yang direkomendasikan bisa itu lemari makanan ataupun toples plastik berisikan gula. Kondisi yang terlampau terik menjadikan buah vanilla akan kering patah sehingga sulit diambil biji bagian dalamnya sementara kondisi yang lembap akan menimbulkan bercak jamur pada vanilla.

Cara Menyimpan Buah Vanilla Beans, Lihat Video Disini:

http://www.youtube.com/watch?v=ju-5ZN-y_dk

Tips ketiga di mana senantiasa melakukan pengecekan berkala pada stok vanilla bean yang Kita miliki, setiap seminggu sekali di mana setidaknya keluarkan batang vanilla bean dari kemasannya dan dianginkan pada suhu ruang sekitar 15 menit lalu dimasukkan kembali. Produk vanilla bean jika disimpan dengan baik maka bisa awet hingga 2 tahun.

How to use Vanilla Bean Video?

Membuat Sendiri Sirup Vanilla Serba Guna?

Bisa mengirim dengan: JNE – - – -
Kondisi: Baru
Harga sudah termasuk ongkos kirim



Barang dikirim dari: Jakarta


Maaf stock produk ini kosong, silakan cek yang ready stock dibawah ini.

atau cari di sini: